Home » » Manfaat Daun Sirih

Manfaat Daun Sirih

Written By Muhammad Yusuf on Friday, September 23, 2011 | 4:20 AM


Manfaat dan Khasiat Daun Sirih

Daun sirih (dalam bahasa jawa suruh) memiliki nama latin Piper betle L merupakan tanaman asli Indonesia yang sudah lama dikenal sebagai salah satu tanaman kesehatan yang memiliki manfaat yang luar biasa. Di beberapa wilayah di Indonesia bahkan ada tradisi dimana seseorang mengunyah daun sirih.

Daun sirh merupakan tanaman rambat yang daunnya berwana hijau cerah dan bentuknya mirip jantung hati ^_^. Anda bisa menjumpai tanaman daun sirih tumbuh subur dipekarangan sebagai tanaman hias.

Nah, di halaman ini kita akan mencoba membahas tentang manfaat daun sirih. Cekidot gan!

Kandungan Daun Sirih

Ada banyak zat yang baik untuk keseharan yang di kandung dalam minyak sirih terutama yang telah diolah dan diambil minyaknya. Minyak atsiri yang berasal dari dari daun sirih mengandung betIephenol, seskuiterpen, pati, diatase, gula dan zat samak dan kavikol yang memiliki daya mematikan kuman, antioksidasi dan fungisida, anti jamur.

Manfaat Daun Sirih
Sebenarnya ada banyak sekali manfaat yang bisa ditemukan pada daun sirih. Namun, manfaat yang paling menonjol dari penggunaan daun sirih adalah sebagia berikut :
1. Daun Sirih berkhasiat menghilangkan bau badan yang ditimbulkan bakteri dan cendawan. Biasanya juga karena adanya manfaat ini digunakan sebagai pembersih organ kewanitaan.
2. Daun sirih juga bersifat menahan perdarahan, menyembuhkan luka pada kulit, dan gangguan saluran pencernaan.
3. Selain itu daun sirih juga bersifat mengerutkan, mengeluarkan dahak, meluruhkan ludah, hemostatik, dan menghentikan perdarahan.
4. Biasanya untuk obat mimisan, dengan cara digulung kemudian dimasukkan ke dalam lubang hidung.
5. Selain itu, kandungan bahan aktif fenol dan kavikol daun sirih hutan juga dapat dimanfaatkan sebagai pestisida nabati untuk mengendalikan hama penghisap

Sumber : wikipedia
Share this article :

Post a Comment