Home » » Manfaat Kecipir

Manfaat Kecipir

Written By Muhammad Yusuf on Wednesday, July 4, 2012 | 2:39 AM


Dari berbagai penelitian, manfaat kecipir sungguh sangat banyak dan bahkan mengungguli jenis-jenis tanaman lainnya. Tanaman kecipir ( Psophocarpus tetragonolobus ) merupakan tanaman tropis yang jumlahnya sangat melimpah di negara agraris, contohnya di Indonesia. Kecipir berasal dari Indonesia bagian timur. Di Sumatera dikenal sebagai kacang botol atau kacang belingbing / kacang embing, jaat ( Sunda ), kelongkang ( Bali ), biraro ( Ternate ), cubilet ( Banda ) dalam bahasa inggris disebut Winged bean. Tanaman kecipir mudah untuk dibudidayakan ,. Umumnya masyarakat menanamnya hanya untuk sekedar penutup pagar. Hal ini dimungkinkan karena pengetahuan masyarakat tentang manfaat dari kecipir masih kurang.Dibanding dengan hasil produksi dari kacang tanah , kecipir cukup menjanjikan. Produksi kecipir mencapai 2.380 kg /ha, sedangkan kacang tanah dan kedelai masing รข€“masing hanya 1.000 kg /ha dan 900 kg/ha ( Rismunandar,1986 ).

Manfaat Kecipir Diantaranya:
a. Pelangsing tubuh dan gairah seksual.
Oleh masyarakat Arab, Pakistan dan China , mereka mengambil manfaat kecipir dari biji-bijiannya. Biji kecipir dapat dijadikan obat tradisional yaitu untuk kesehatan kulit, pelangsing tubuh dan peningkat gairah seksual.

b.Obat sariawan
Manfaat kecipir lainnya ada pada umbinya. Di Indonesia umbi kecipir dapat dijadikan sebagi obat sariawan dengan cara ditambah gula batu.

c.Obat kebugaran tubuh / pemulih energi
Daun kecipir yang berwarna gelap dapat dijadikan sebagai obat. Manfaat kecipir dari sisi daunnya bisa digunakan untuk obat pemulih energi / kebugaran tubuh.

d. Turunkan LDL , Naikkan HDL
Manfaat kecipir juga terdapat pada lemaknya. Selain protein, lemak biji kecipir relatif tinggi sekitar 15-20 %. Sekitar 71 % nya merupakan asam lemak tidak jenuh, terutama asam linoleat, Asam linoleat merupakan asam lemak tidak jenuh omega 6. Asam lemak omega 6 ( dari biji-bijian ) dan omega 3 ( ikan laut ) dibutuhkan untuk kesehatan tubuh yang prima. Lemak dalam kecipir terdiri atas asam lemak tak jenuh yang bermanfaat menurunkan kadar total kolesterol. Sementara lemak yang bisa meningkatkan kadar kolesterol adalah lemak jenuh yang banyak terdapat pada daging. Lemak

tak jenuh mampu menurunkan kolesterol LDL dan meningkatkan HDL. LDL disebut kolesterol jahat karena dapat menyebabkan penempelan kolesterol di dinding pembuluh darah, LDL merupakan pembawa kolesterol terbanyak, yaitu kurang lebih 60 persen dari total plasma , HDL disebut kolesterol baik, HDL dapat membersihkan kelebihan kolesterol dari dinding pembuluh darah dengan mengangkutnya kembali ke hati.

Sumber:
Banyuke.com
Guna kecipir. Selera, X (4), April 1991: 44-46
Share this article :

Post a Comment