Home » » Buah Tomat dan Khasiatnya

Buah Tomat dan Khasiatnya

Written By Muhammad Yusuf on Friday, September 23, 2011 | 4:19 AM

Tomat merupakan bahan baku makanan yang sangat populer dalam beberapa dekade belakangan. Tomat banyak banyak dijumpai pada berbagai jenis masakan mulai dari masakan barat seperti pizza, atau makanan lokal seperti sambal. Dibalik rasanya yang segar ternyata tomat memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan maupun bagi kecantikan. Banyak sekali penelitian ilmiah yang telah dilakukan untuk membuktikan banyaknya manfaat dari kandungan buat tomat.

Sejarah Singkat Buah Tomat

Apabila diklasifikasikan secara ilmiah, buah tomat merupakan tumbuhan yang berasal dari keluarga Solanaceae yang berasal dari amerika tengah (mulai dari Meksiko sampai peru). Bangsa Spanyol lah yang berjasa menyebarkan buah tomat ke koloninya di karibia, kemudian berkembang lagi dan menyebar ke Asia kemudian ke seluruh dunia.

Tanaman ini memiliki siklus hidup yang cukup pendek, dan mampu tumbuh hingga setinggi 3 meter. Tumbuhan tomat memiliki kemiripan dengan kentang, bahkan beberapa tahun yang lalu pernah dikembangkan tanaman yang bernama totang (tomat - kentang).

Kandungan Buah Tomat

buah tomatTahukah Anda bahwa tomat memiliki kandungan vitamin C yang lebih tinggi dibandingkan dengan jeruk! Berdasarkan pada penelitian diketahui bahwa tanaman tomat yang berwarna merah sarat akan kandungan vitamin C dan vitamin A. Semakin matang buah tomat, kandungan vitamin nya pun semakin banyak.

Manfaat tomat tidak hanya kaya akan vitamin A dan vitamin C saja lho! Ternyata buah tomat juga mengandung Lycopene, yaitu semacam anti oksidan yang sangat berguna untuk menghancurkan radikal bebas akibat polusi kendaraan, asap rokok dan zat berbahaya lainnya yang masuk ke dalam tubuh. Lycopene juga diketahui berperan aktif dalam mencegah rusaknya sel yang bisa mengakibatkan kanker, seperti kanker prostat, kanker mulut rahim dan sebagainya. Wuih, manteb juga nih tomat.

Pernah liat gel di luar biji tomat kan? Nah, ternyata gel tersebut berkhasiat mencegah pembekuan darah yang bisa menyebabkan sakit jantung dan stroke. Mantab kan! Bukan cuman daging buahnya saja, ternyata bijinya pun berkhasiat.

sumber gambar : www.ceplok.com
Share this article :

+ comments + 1 comments

March 25, 2012 at 2:33 AM

makasih infonya mas,,kunjungi dan follow http://arizkicp.blogspot.com/ ok ^_^

Post a Comment