Home » » Merawat ANGGREK Yang Baru Dibeli

Merawat ANGGREK Yang Baru Dibeli

Written By Muhammad Yusuf on Friday, July 8, 2011 | 11:49 PM


Foto:Bening/PadangKini.com
Anggrek memiliki daya pikat tersendiri karena kemolekannya. Siapapun pasti menyukai kecantikan dan keindahan bunga anggrek. Tak salah jika anggrek dijuluki sebagai puspa pesona. Namun problem akan muncul ketika tanaman yang cantik ini segan memperlihatkan pesona bunganya. Jika ini terjadi pasti kita akan merasa kesal bukan?
Penyebab bunga gagal tumbuh yang sering dialami adalah karena kesalahan lingkungan. Anggrek asal dataran tinggi di tempatkan di area panas atau di tempatkan di dataran rendah dengan suhu yang relatif tinggi.
Umumnya,  di kebun produsen bunga ini mendapatkan perlakuan yang khusus, misalnya pemupukan dengan drip irrigation atau dengan sistem talang. Tujuannya agar bunganya besar. Namun sayang ketika di rawat di rumah bunganya mengecil bahkan sulit dan tidak mengeluarkan bunga. Apalagi jika bibitnya dari anggrek impor yang kebanyakan telah diprogram dalam green house. Mau tak mau penghobi anggrek harus  berani mengambil resiko. Selain itu seharusnya pembeli lebih pandai memilih.
Berikut kiat atau tips memelihara anggrek yang baru dibeli :
  1. Sebaiknya dibiarkan dahulu dan baru dipupuk setelah dua minggu. Pupuk awal diberikan pagi hari cukup dengan NPK berimbang dengan dosis normal.
  2. Penyiraman hanya dilakukan pada pagi hari. Hindari pemupukan sore atau malam karena kelebihan air menyebabkan daun loyo dan berguguran dan tangkai bunga bisa menguning serentak.
  3. Anggrek yang sedang berbunga tangkainya menghadap sinar matahari.
  4. Atur dan tempatkan di bawah naungan atau diletakkan di bawah paranet, sehingga intensitas cahaya hanya 60-70% saja.
  5. Bisa juga dengan membuat green house mini dengan ukuran 3 x3 x 3,5 m3. Dan sebaiknya lantai diberi pasir agar kelembaban terjaga.
Share this article :

Post a Comment