Home » » Manfaat MAWAR Sebanding Dengan Kecantikannya

Manfaat MAWAR Sebanding Dengan Kecantikannya

Written By Muhammad Yusuf on Friday, July 8, 2011 | 11:52 PM


Siapapun tidak ada yang tidak mengenal bunga yang elok  ini. Meskipun berduri tetapi bunga yang dijuluki Sang ‘Ratu Bunga’ dan bunga lambang cinta ini sangat cantik dan harum. Tidak salah lagi kalau dari berbagai kalangan menyukainya. Rumpun mawar menjadi pilihan favorit untuk menghiasi taman-taman di hampir seluruh penjuru dunia.
Tidak hanya indah dan cantik yang membuat bunga mawar diminati. Ternyata kelopak mawar dapat dimakan selagi segar. Di Thailand, mudah kita temukan di kedai-kedai yang menjual makanan dari beraneka rupa bunga, terutama bunga mawar.
Di Turki, pangkal bunga mawar digunakan sebagai bahan selai, jeli dan permen gelatin yang dikenal dengan nama “sukacita Turkish”.
Campuran daun dan pangkal bunga mawar bisa digunakan sebagai bahan cuka. Karena sangat kaya dengan vitamin C, mawar baik dijadikan minuman teh, yang cukup ampuh untuk mengatasi flu dan demam. Minum teh dari bunga mawar secara rutin akan membantu mencegah flu.
Sayangnya, jika bunga mawar sudah mengering, kandungan vitamin C nya bisa berkurang hingga 45-90 persen. Saat ini bunga mawar sudah diproses dan diolah  menjadi pil atau tablet dan kandungan vitamin C nya masih potensial untuk mengatasi flu.
Teh dari bunga mawar dapat mengatasi sakit kepala, pusing, kram perut karena menstruasi dan luka di mulut.
Air mawar telah dikenal sebagai penyegar dalam merawat kecantikan kulit wajah. Minyak atsirinya digunakan juga sebagai bahan pengharum atau parfum dan antidepresan. Air mawar bisa difungsikan sebagai pencahar yang tidak terlalu keras dan bersifat antiseptik.
Share this article :

Post a Comment