Home » » Delima Putih

Delima Putih

Written By Muhammad Yusuf on Friday, July 8, 2011 | 11:54 PM


Mencari buah delima putih ? jangankan delima putih delima merah sekarang pun sulit didapat. Delima putih dengan nama latin Punica granatum L ini tergolong tanaman buah yang langka. Populasinya amat terbatas di Indonesia. Tetapi uniknya buah yang satu ini tidak banyak diketahui karena tanamannya jarang ditemukan. Yang lebih menarik lagi adalah prospek bisnis yang bagus. Karena harganya yang bisa  mencapai belasan hingga puluhan ribu rupiah per buah.
Memang, sampai saat ini belum banyak orang yang mengembangkan delima putih secara komersial. Jika ada hanya dikembangkan secara tradisional dan malah sebagian ada yang menjadikan tanaman buah delima putih ini sebagai tanaman hias karena bentuknya yang cantik. Oleh karena itulah delima putih sulit dicari di pasaran.
Mengingat tanaman ini sulit ditemukan di Indonesia, maka untuk memenuhi permintaan delima putih harus diimpor dari luar negeri. Biasanya buah langka ini didatangkan dari negara-negara Timur Tengah yang jadi sentranya.
Delima putih termasuk tanaman perdu dengan batang berkayu. Tinggi tanaman bisa mencapai 5 m. Selain itu ada juga kultivar tanaman delima kerdil. Dulu tanaman ini merupakan tanaman yang tumbuh secara liar di hutan. Mengingat bentuk buahnya yang menarik, bulat dengan ujungnya yang mekar menyerupai kelopak bunga sehingga menarik orang untuk membiakkannya dan dijadikan sebagai tanaman hias karena bentuk buahnya ini.
Selain buah, yang membuat tanaman delima lebih condong disebut tanaman hias, dilihat dari bentuk daunnya. Daun delima berbentuk lonjong berukuran kecil serta berwarna hijau dan bertepi rata. Panjang buah 4-6 cm dengan permukaan atas mengkilap tetapi bagian bawahnya tidak.
Sementara itu bunganya tumbuh dalam jumlah satu atau lima kuntum di ujung ranting, berlilin berwarna merah atau kuning dan berukuran 4-5 cm. Warna dominan mahkota bunga adalah putih. Setelah mekar, bunga menjadi bakal buah. Keluarnya bunga ditunjang dengan batang bulat panjang seperti pipa. Buah ini selanjutnya tumbuh membesar dengan bobot mencapai 100 hingga 300 gram.
Sumber : Berbagai sumber
Share this article :

Post a Comment