Home » » SERANGAN ULAT BULU

SERANGAN ULAT BULU

Written By Muhammad Yusuf on Thursday, June 23, 2011 | 4:59 PM

Serangan ulat jika terus dibiarkan maka akan banyak pihak mengalami kerugian ekonomi dan sosial. Oleh karena itu pengendalian terhadap populasi ulat menjadi langkah yang harus segera dilakukan. 
Pengendalian hama terpadu (PHT) merupakan langkah yang terbaik, dengan pendayagunaan musuh alami, burung, parasitoid, perangkap lampu UV dan penggunaan perangkap feromon seks, maupun pestisida contac/sistemik.

Teknologi KPI yang dapat direkomendasikan sebagai salah satu cara pengendalian serangan ulat bulu adalah dengan pestisida alamiPESSO, yakni sebagai berikut:

2-3 tutup botol PESSO + 3-4 tetes minyak kayu putih dalam tangki sprayer 14 liter air.
Aplikasi penyemprotan dilakukan pada pagi-siang maupun sore hari secara kontak pada hama sasaran. Nosel sprayer dapat dikencangkan agar dapat dihasilkan penyemprotan kabut (mist).

Tidak lupa sebelum melakukan aplikasi penyemprotan, relawan tani melakukan Kontemplasi diri (berserah diri kepada Allah SWT). Mulai dengan niat tulus ikhlas bahwa segala sesuatu kembali kepadaNya. Itikadkan bahwa kita tidak memusnahkan ulat bulu namun hanya mengendalikan agar keseimbangan alam tidak terganggu. Ini adalah salah satu rukun dan syarat dalam Teknologi SRI [Semua Ridho Illahi] dari Klinik Pertanian Indonesia.

Semoga dengan adanya kejadian alam seperti ini, kita semua (para relawan tani), petani dan masyarakat terlebih para pemimpin bangsa dapat berintrospeksi diri, berbenah untuk menjadi lebih baik, dalam menyebarkan kebajikan, semata karena Allah SWT sang pencipta alam semesta. amien.

Mari MULIAKAN TANAH pertiwi ...
Mari MULIAKAN KEHIDUPAN PETANI ...
Mari Ajak petani BERTANI DENGAN HATI...
Gunakan Teknologi SEMUA RIDHO ILLAHI [SRI] ...
Agar BUMI TETAP LESTARI ...
Share this article :

Post a Comment