Home » » Kegunaan Tanaman Imperata Cylindrica

Kegunaan Tanaman Imperata Cylindrica

Written By Muhammad Yusuf on Thursday, May 17, 2012 | 1:42 AM


Imperata cylindrica, yang dikenal sebagai Cogon grass atau Red Baron adalah spesies rumput dalam genusImperata, keluarga Poaceae. Tanaman yang di Indonesia disebut alang-alang ini memiliki lebar daun sekitar 2 cm di dekat pangkal tanaman dan menyempit sampai menjadi titik yang tajam di bagian atasnya, dengan tepian yang halus bergigi dan berkristal silika tajam. Akarnya bisa mencapai hingga 1,2 meter, tetapi 0,4 m adalah panjang khas di tanah berpasir. Tumbuhan ini banyak terdapat di Asia tenggara dan timur, India, Mikronesia, Australia dan Afrika timur dan selatan.

Daun Imperata cyclindrica digunakan sebagai atap rumah tradisional di Papua New Guinea. Selain itu, tumbuhan ini ditanam secara luas untuk penutup dan stabilisasi tanah di daerah dekat pantai dan daerah lainnya yang rentan erosi.  Dalam taman tradisional Cina, Imperata cylindrica dipilih sebagai tanaman hias, terutama Red Baron yang berdaun merah (juga dikenal sebagai rumput darah Jepang). Kegunaan lain dariImperata cylindrica termasuk sebagai bahan kertas dan dianyam menjadi tikar dan tas. Namun, kegunaan yang paling umum adalah sifat obatnya untuk penurun panas, diuretik, tonik dan penahan darah.  Bunga dan tunas muda tumbuhan ini dapat dimakan dan akarnya mengandung pati dan gula sehingga mudah untuk dikunyah.

Imperata cylindrica memiliki sifat antipiretik, yang menurunkan suhu tubuh  ketika Anda demam, namun tidak mempengaruhi suhu tubuh ketika Anda tidak demam. Sifat antipiretik menyebabkan hipotalamus untuk mengesampingkan peningkatan suhu yang diinduksi interleukin. Tubuh kemudian akan bekerja untuk menurunkan suhu dan hasilnya adalah pengurangan demam.  Efek ini seperti yang dihasilkan oleh obat-obatan seperti aspirin dan acetaminophen (parasetamol), yang digunakan terutama sebagai penghilang rasa sakit. Ada beberapa perdebatan tentang kapan saat yang tepat untuk menggunakan antipiretik, karena demam adalah bagian dari respon kekebalan tubuh terhadap infeksi.
Share this article :

Post a Comment