Home » » Lettuce: Si Selada Segar Pencegah Kanker

Lettuce: Si Selada Segar Pencegah Kanker

Written By Muhammad Yusuf on Monday, November 14, 2011 | 3:12 PM


Sayuran segar yang sering ditemui pada salad ternyata bukan sayuran biasa. Selain enak, lettuce atau selada ini mampu mencegah terjadinya kanker. Bagaimana mungkin?

Sayuran hijau ini tak hanya sering ditemui di sajian salad tapi juga kerap menghiasi piring makan Anda sebagai pemanis. Tapi siapa sangka kalau lettuce atau yang lebih dikenal dengan nama selada ini memiliki manfaat yang cukup besar untuk kesehatan.

Sayuran hijau yang mudah didapat di pasar tradisional atau supermarket tersebut memiliki kandungan serat yang tinggi. Sayuran hijau seperti lettuce mengandung banyak beta carotein yang bernamalutein dan zeaxanthin. Keduanya adalah antioksidan yang mampu melindungi tubuh dari berbagai penyakit kanker seperti kanker kulit, payudara, dan paru-paru.

Selada atau lettuce terdiri dari dua jenis, selada air dan selada daun. Keduanya sama-sama memiliki antioksidan lengkap yang mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh atau imun. Selada air dipercaya mampu mengobati tuberkolosis dan mencegah terjadinya gangguan paru-paru yang diakibatkan oleh rokok.

Kandungan vitamin pada lettuce juga cukup banyak. Mulai dari vitamin A, C, E, dan beberapa jenis mineral seperti magnesium, asam folat, zat besi, fosfor, dan natrium. Lettuce juga mengandung vitamin B kompleks tapi tidak terlalu dominan. Kombinasi vitamin C dan betakaroten yang terkandung dalam lettuce juga bisa membantu menjaga kesehatan jantung.

Nah, kalau sudah tahu manfaat lettuce yang begitu besar, masihkah Anda menjadikan lettuce hiasan atau bahkan menyingkirkannya?

Sumber : detikfood.com
Share this article :

Post a Comment