Home » » Hama dan Penyakit Pada Tanaman Tebu

Hama dan Penyakit Pada Tanaman Tebu

Written By Muhammad Yusuf on Thursday, November 24, 2011 | 7:26 PM


Hama Penggerek Pucuk dan batang
Hama ini Biasanya menyerang mulai umur 3 – 5 bulan. Kendalikan dengan musuh alami Tricogramma sp dan lalat Jatiroto, semprot PESTONA / Natural BVR

Hama Tikus
Kendalikan dengan gropyokan.

Penyakit Fusarium Pokkahbung
Penyebab adalah jamur Gibbrella moniliformis.
Tandanya daun klorosis, pelepah daun pun tidak sempurna dan pertumbuhan terhambat, ruas-ruas bengkok dan sedikit gepeng serta terjadi pembusukan dari daun ke batang. Penanganan:
Penyemprotan dengan 2 sendok makan Natural GLIO + 2 sendok makan gula pasir dalam tangki semprot 14 atau 17 liter pada daun-daun muda setiap minggu, pengembusan tepung kapur tembaga ( 1 : 4 : 5 )

Penyakit Dongkelan
Penyebabnya adalah jamur Marasnius sacchari, yang bias mempengaruhi berat dan rendemen tebu. Gejala, tanaman tua sakit tiba-tiba, daun mengering dari luar ke dalam.
Pengendalian:
penjemuran dan pengeringan tanah, harus dijaga, sebarkan Natural GLIO sejak awal.

Penyakit Nanas
Disebabkan oleh jamur Ceratocytis paradoxa. Menyerang bibit yang telah dipotong. Pada tapak (potongan) pangkas, terdapat warna merah yang bercampur dengan warna hitam dan menyebarkan bau seperti nanas. Bibit tebu direndam dengan POC NASA dan Natural GLIO.

Penyakit Blendok
Penyakit ini disebabkan oleh Bakteri Xanthomonas albilincans Mula-mula muncul pada umur 1,5-2 bulan setelah tanam. Daun-daun klorotis akan mengering, biasanya pada pucuk daun dan umumnya daun-daun akan melipat sepanjang garis-garis tadi. Jika daun terserang hebat, seluruh daun bergaris-garis hijau dan putih. Rendam bibit dengan air panas dan POC NASA selama 50 menit kemudian dijemur sinar matahari. Gunakan Natural GLIO sejak awal sebelum tanam untuk menghindari serangan datang.

Sumber : http://www.blogiztic.net/info/tanaman/hama-dan-penyakit-pada-tanaman-tebu.html
Share this article :

Post a Comment