Home » » Bercak Daun Coklat pada Tanaman Seledri

Bercak Daun Coklat pada Tanaman Seledri

Written By Muhammad Yusuf on Monday, August 15, 2011 | 8:09 AM


1   KLASIFIKASI     :
  • Kerajaan                      : Fungi
  • Filum                            : Ascomycota
  • Kelas                             : Ascomycetes
  • Subclass                      : Dothideomycetidae
  • Marga                           : Mycosphaerellales
  • Keluarga                      : Mycosphaerellaceae
  • Genus                            : Septoria
  • Jenis                              : apii
  • Nama Ilmiah              : Septoria apii
  • Nama Lokal                : Bercak coklat pada daun seledri
2.2   EKOBIOLOGI
Bercak daun septoria (late blight) adalah penyakit yang terpenting pada tanamanseledri. Penyakit ini diketahui tersebar luas di Jawa (Anon, 1987/1988). Penyakit ini tersebar di seluruh dunia dan dapat mengurangi kualitas maupun kuantitas hasil. Bentuk becak kecil yang lebih banyak terdapat disebabkan oleh jamur Septoria apii-graveolentis Dorogin, yang disebut juga sebagai S.apii var.Punctiformis Laibach. Jamur mempunyai konidium yang panjang, lemas, hialin dan mempunyai beberapa sekat, 22,5-58,5 X 1,5-5,0 µm. Badan buah berbentuk piknidium yang mempunyai garis tengah 73-147 µm dengan 1/3-1/2 dari garis tengah piknidium.
Bentuk becak besar disebabkan oleh Septoria apii (Brosio et Cav.) Chester jamur ini mempunyai ukuran-ukuran yang lebih kecil daripada jamur yang pertama. Konidium berukuran 13,5-34,2 X 1,0-2,5 µm. Piknidium bergaris tengah 65-95 µm, dengan ostiol kurang dari ¼ garis tengah piknidium. Jamur dapat bertahan dari musim ke musim pada biji-bijian dan pada sisa-sisa tanaman yang sakit. Pada biji jamur dapat membentuk piknidium pada kulit biji. Penyakit dapat berkembang epidemis dalam cuaca yang basah dan suhu yang sejuk.
2.3   GEJALA
Pada umumnya mula-mula pada daun terjadi bercak-bercak klorotis, yang lalu menjadi nekrotis dengan garis tengah beberapa mm. Daerah klorotis di sekitar bagian yang mengkrotis tadi makin meluas sehingga dapat meliputi sebagian besar dari daun. Pada bagian yang nekrotis dan pada bagian di luarnya terdapat titik-titik halus berwarna hitam. Ini adalah badan buah (piknidium) jamur penyebab penyakit. Pada tangkai daun penyakit menyebabkan timbulnya becak-becak memanjang, berwarna coklat. (lihat gambar)
Selain bentuk yang umu itu, kadang-kadang pada daun selesri terlihat becak-becak lebar yang dapat mempunyai garis tengah sampai 10mm. Becak ini mempunyai batas yang jelas. Untuk membedakannya bentuk ini disebut ”bentuk becak besar” (large-spot form). Pada bentuk becak besar titik-titik hitam lebih sedikit terdapat dan umumnya terbatas di dekat pusat becak. (lihat gambar)


Share this article :

Post a Comment