Home » » Obat Herbal Untuk Kandung Kemih

Obat Herbal Untuk Kandung Kemih

Written By Muhammad Yusuf on Tuesday, July 12, 2011 | 10:40 AM


Ada banyak sebab dan faktor penyebab terjadinya batu kemih. Salah satunya penyebabnya adalah musim panas yang bisa memicu seseorang terkena batu di saluran kemih. Kenapa begitu? Batu saluran kemih biasanya karena konsentrasi urine yang pekat sehingga memicu terjadinya pengendapan kristal. Jenis  batu yang dapat mengendap dalam saluran kemih sangat beragam. Ada yang dibentuk dari kalsium, fosfat atau asam urat. Kristal-kristal ini akan terus membesar seiring dengan berjalannya waktu. Kejadian ini umumnya lebih banyak dialami oleh kaum laki-laki.
Pada musim panas seseorang akan memproduksi keringat dalam jumlah lebih banyak. Saat musim panas seseorang juga akan menerima sinar matahari lebih banyak. Sinar matahari ini diketahui mengandung vitamin D yang membantu meningkatkan penyerapan kalsium sehingga bisa memicu terjadinya batu. Batu yang terbentuk di dalam saluran kemih bisa akibat kalsium, infeksi atau asam urat. Dan umumnya laki-laki lebih berisiko 2-3 kali lipat lebih tinggi dibandingkan dengan perempuan.
Beberapa hal diketahui bisa menjadi faktor risiko dari batu pada saluran kemih yaitu:
  1. Anatomi yang berbeda antara laki-laki dan perempuan, umumnya laki-laki memiliki saluran kemih yang lebih panjang
  2. Komposisi urine, pada laki-laki biasanya komposisi urine lebih tinggi untuk kalsium dan oksalat (penimbunannya bisa menyebabkan batu) dan rendah sitrat (sitrat diketahui bisa mencegah batu)
  3. Hormon yang dikandung keduanya berbeda
  4. Komposisi batu yang terbentuk berbeda, pada laki-laki lebih banyak batu kalsium sedangkan pada perempuan batu infeksi
  5. Pekerjaan, orang yang pekerjaannya di lapangan atau banyak terkena panas (juru masak atau bagian mesin) dan pola hidup sedikit gerak bisa meningkatkan risiko batu saluran kemih. (detikHealth.com)
Gejala dan Tanda
Gejala yang muncul dari pembentukan batu di saluran kemih ini bisa berat hingga tidak menimbulkan gejala sama sekali. Gejalanya seperti nyeri pinggang, rasa sakit yang dimulai dari pinggang bawah menuju ke pinggul. Buang air kecil yang tidak tuntas, mual, muntah, keluar keringat dingin. Jika batu menyangkut di kandung kemih, timbul rasa nyeri di atas kemaluan pada waktu kencing.
Pencegahan
  1. Minum air putih yang banyak ( sekitar 2,5 liter sehari)
  2. Minum jus buah-buahan untuk membantu mengurangi keasaman urin.
  3. Banyak berjalan dan jangan menahan kencing terlalu lama.
  4. Kurangi makanan yang mengandung kalsium tinggi (susu, keju, teri, kepiting, sarden,udang, ikan asin) dan purin tinggi ( jeroan, bayam, melinjo daun singkong )
Selain pencegahan dengan minum air putih sebanyak kurang lebih 2,5 liter sehari dan lainnya seperti yang disebut di atas, dapat pula dengan melakukan pengobatan secara herbal. Dibawah ini ada beberapa resep untuk pengobatan penderita batu kemih.
Pengobatan Secara Herbal
Resep 1
30 g daun keji beling (Strobilanthes crispus B L)
30 g tanaman kumis kucing(Orthosiphon aristatus (B1) Miq.)
20 g meniran (Phylanthus urinaria, Linn.)
Cara : Cuci bersih semua bahan, rebus dengan 800 cc air hingga tersisa 400 cc, lalu saring. Diminum 200 cc 2 kali sehari.
Resep 2
30 g daun sendok
60 g krokot hijau
60 g akar alang-alang (Imperata cylindrica)
Cara : Cuci bersih semua bahan, rebus dengan 800 cc air hingga tersisa 400 cc, lalu saring. Minum 20 cc 2 kali sehari.
Resep 3
30 g daun keji beling (Strobilanthes crispus B L)
30 g pegagan
50 g rambut jagung
Cara : Cuci bersih semua bahan, rebus dengan 800 cc air hingga tersisa 400 cc, lalu saring. Minum 200 cc 2 kali sehari
Sebagai catatan, pilih salah satu resep di atas dan lakukan secara teratur. Jika ada keluhan yang serius sebaiknya konsultasi ke dokter.
Share this article :

Post a Comment