Home » » Obat Herbal Untuk Hipertensi

Obat Herbal Untuk Hipertensi

Written By Muhammad Yusuf on Tuesday, July 12, 2011 | 10:38 AM


Bila tengkuk pegal-pegal, sakit kepala saat bangun tidur, cepat merasa capek dan lesu boleh jadi itu adalah gejala hipertensi. Ada beberapa faktor lain yang dapat memicu penyakit hipertensi yaitu kegemukan, kelainan kadar lemak dalam darah, stres, merokok, konsumsi alkohol, konsumsi garam yang berlebihan. Bila hipertensi tidak terkendali, dalam jangka panjang berdampak pada timbulnya gagal jantung, stroke dan gangguan ginjal.
Hipertensi sesungguhnya bukanlah penyakit, namun sudah terlanjur disebut “penyakit darah tinggi”. Penderita biasanya tidak menyadari adanya gejala-gejala tertentu, sebelum memeriksa tekanan darahnya. Itulah sebabnya hipertensi seringkali dijuluki dengan “pembunuh diam-diam”.
Hipertensi merupakan gejala umum seiring dengan bertambahnya usia seseorang. Gangguan ini lebih banyak menyerang kaum pria setengah baya dibandingkan dengan kaum perempuan. Namun pada rentang usia 55 hingga 64, jumlah penderita pria dan penderita perempuan sama banyak.
Namun dengan konsumsi makanan yang berserat dan bergizi terutama buah dan sayuran serta dengan mengkonsumsi ramuan dari tanaman yang berkhasiat dapat menyembuhkan dan mencegah hipertensi. Selain itu batasi pemakaian garam dan makanan yang diasinkan. Hindari daging kambing, durian, minuman yang beralkohol, kopi, rokok dan makanan yang berlemak. Menurunkan berat badan yang berlebihan (obesitas), dan hindari stres.
Berikut ini beberapa resep pengobatan secara herbal dari Prof.H.M Hembing Wijayakusuma
Resep 1
Ambil 75-100 g seledri
Caranya : cuci bersih seledri, blender dengan menambahkan 150 cc air lalu saring. Minum airnya 2 kali sehari.
Resep 2
Ambil 2-3 buah mengkudu matang
Caranya : cuci bersih mengkudu, jus atau parut dan ambil airnya. Minum 2-3 kali sehari.
Resep 3
1 buah labu siam ukuran sedang
2 buah mentimun ukuran sedang
Caranya : cuci bersih semua bahan, potong-potong lalu dibuat jus. Catatan, penderita mag dan asam urat jangan mengkonsumsi jus labu siam.
Resep 4
2 buah belimbing manis matang
Caranya: cuci bersih buah belimbing dan jus. Minum airnya.
Resep 5
60 g daun kumis kucing segar
30 g daun pegagan segar
60 g akar alang-alang segar
Caranya : cuci bersih semua bahan, rebus dengan 800 cc air hingga tersisa 400 cc, lalu saring. minum 200 cc 2 kali sehari.
Resep 6
5 lembar daun avokad
60 g rambut jagung
Caranya : cuci bersih semua bahan, rebus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc, lalu saring. Minum 2 kali sehari
Catatan pilih salah satu resep dan lakukan secara teratur
Share this article :

Post a Comment