Home » , » Jarak Pagar untuk Tanaman Hias

Jarak Pagar untuk Tanaman Hias

Written By Muhammad Yusuf on Friday, July 22, 2011 | 4:40 PM


Tanaman jarak pagar (Jatropha curcas L) lebih menarik dan bernilai tinggi jika direkayasa menjadi tanaman hias. Harganya mencapai Rp. 100 ribu perpohon di Tingkat Petani.
Jarak pagar (Jatropha curcas L) adalah jenis  tanaman perdu yang dapat mencapai tinggi 10 meter, banyak cabang, tahan pangkas, dengan bentuk batang maupun kanopi yang tidak menentu. Jika dilukai, setiap bagian tanaman mengeluarkan getah yang tempo dulu dimanfaatkan untuk mencuci. Getah ini mengandung alkaloid disebut jatrophine yang dimanfaatkan sebagai obat luka, sakit kulit, dan rematik. 
Jarak pagar diperbanyak dengan stek maupun biji. Jika dari biji mulai berbuah pada umur satu tahun. Berbunga pada awal musim hujan, buah mulai masak sekitar tiga bulan setelah penyerbukan. Kedudukan tangkai buah pada ketiak daun sebanyak 2-10 butir pertangkai/tandan (tros). Tiap butir buah terdiri dari 2-3 lokul yang masing-masing berisi satu butir biji jarak, dengan berat rata-rata 0,5-0,7 gram per biji (50-70 gr/100 biji). Dalam kondisi lingkungan yang sesuai, jarak pagar masih tetap produktif hingga berumur puluhan tahun. 
Secara umum di Indonesia jarak pagar belum  dibudidayakan, kegunaannya masih terbatas sebagai pagar hidup, kecuali di Malang Jawa Timur telah direkayasa menjadi tanaman hias yang unik dan menarik. Harga pohon jarak pagar  yang sudah direkayasa menjadi tanaman hias berkisar Rp. 50.000 - Rp. 100.000,- perpohon di tingkat petani. Jarak pagar mudah distek dan mudah dipindahkan dengan persen kematian yang sangat kecil. 
Jatropha curcas L. dari famili Euphorbiaceae, ternyata mudah disambung dengan spesies Jatropha yang lain. Batang jarak pagar umumnya bengkok-bengkok, berkayu tetapi lunak, kulit batang berwarna spesifik mirip warna telur itik yang benjol-benjol, banyak cabang sehingga memungkinkan disambung dengan berbagai spesies Jatropha lainnya. 
Jarak pagar mudah direkayasa menjadi tanaman hias karena mudah ditanam, mudah dipindah, mampu beradaptasi di berbagai tempat yang berbeda, tahan pangkas dengan cepat regenerasi, dan mudah disambung. Untuk bahan tanaman hias dipilih yang telah berbatang besar berumur lebih dari 30 tahun, bentuknya unik dan secara alami performencnya memang sudah menarik. Karena itu Jatropha curcas atau jarak pagar berpeluang besar dapat menjadi tanaman hias terkenal yang unik dan banyak peminatnya. 
B u d i  H a r i y o n o   d a n   S o e n a r d i
Penulis dari Balittas Malang
Dimuat pada Tabloid Sinar Tani, 31 Agustus 2005


Share this article :

Post a Comment