Home » » PUPUK ORGANIK MANFAAT DAN APLIKASINYA

PUPUK ORGANIK MANFAAT DAN APLIKASINYA

Written By Muhammad Yusuf on Thursday, June 23, 2011 | 6:00 PM

Apa itu pupuk organik
Pupuk organik adalah pupuk yangberasal dari sisa-sisa tanaman, hewan atau manusia seperti pupuk kandang, pupuk hijau, dan kompos baik yang berbentuk cair maupun padat. Pupuk organik bersifat bulky dengan kandungan hara makro dan mikro rendah sehingga perlu diberikan dalam jumlah banyak. Manfaat utama pupuk organik adalah dapat memperbaiki kesuburan kimia, fisik dan biologis tanah, selain sebagai sumber hara bagi tanaman.
Pupuk organik dapat dibuat dari berbagai jenis bahan, antara lain sisapanen (jerami, brangkasan, tongkol jagung, bagas tebu, sabut kelapa),serbuk gergaji, kotoran hewan,limbah media jamur, limbah pasar,limbah rumah tangga dan limbahpabrik, serta pupuk hijau.

Pupuk Organik Tingkatkan Produksi Pertanian
Karena bahan dasar pembuatan pupuk organic bervariasi, kualitas pupuk yang dihasilkan juga beragam sesuai dengan kualitas bahan asalnya. Pemakaian pupuk organik terus meningkat dari tahun ke tahun sehingga perlu ada regulasi atau peraturan mengenai persyaratan yang harus dipenuhi oleh pupuk organic agar memberikan manfaat maksimalbagi pertumbuhan tanaman dan tetap menjaga kelestarian lingkungan.Pupuk organik dapat diaplikasikan dalam bentuk bahan segar ataukompos. Pemakaian pupuk organic segar memerlukan jumlah yangbanyak, sulit dalam penempatannya,serta waktu dekomposisinya relatif lama. Namun dalam beberapa hal, cara ini justru sangat bermanfaat untuk konservasi tanah dan air yaitu sebagai mulsa penutup tanah. Pupuk organik yang telah  dikomposkan relatif lebih kecil volumenya dan mempunyai kematangan tertentu sehingga sumber hara mudah tersedia bagi tanaman.Pembuatan pupuk organik dengan cara dikomposkan banyak dilakukan oleh industri skala besar  karena minimnya tenaga kerja di pedesaan. Hanya sedikit petani yang dapat memproduksi kompos untuk memenuhi kebutuhannya.
Sebagian petani membeli kompos dari pabrik lokal atau impor. Pengomposan antara lain bertujuan untuk menghasilkan pupuk organic dengan porositas, kepadatan serta kandungan air tertentu, menyederhanakan komponen bahan dasar yang mudah didekomposisi, membunuh patogen seperti E. coli dan Meskipun kandungan haranya rendah, penggunaan pupuk organik dapat memperbaiki struktur tanah dan tekstur tanah
Share this article :

Post a Comment