Home » » Pencegahan dan Pengendalian Wereng Batang Coklat

Pencegahan dan Pengendalian Wereng Batang Coklat

Written By Muhammad Yusuf on Thursday, June 16, 2011 | 11:00 PM


Serangan wereng batang coklat pada tanaman padi terjadi pada semua fase tumbuh (mulai di persemaian sampai menjelang panen), dengan mengisap cairan dari dalam jaringan tanaman. Hal ini mengakibatkan daun tanaman menjadi kuning dan tanaman mengering dengan cepat (seperti terbakar).
Pengendalian wereng batang coklat dapat dilakukan melalui :
1.      Tanam VUB tahan wereng coklat, terapkan jajar legowo, pemupukan berimbang sesuai hasil PUTS dan BWD, dan menyemprot tanaman dengan insektisida. Pesemaian disemprot dengan entomopatogen seperti Beauveria bassiana, Metarhizium, Verticillium dengan dosis 5-10 cc/l interval satu minggu.
2.      Pengamatan lapang dilakukan 3-7 hari sekali pada pangkal batang. Bila di lahan dijumpai populasi > 3 ekor/rumpun, tanaman disemprot dengan insektisida kontak interval 2 kali seminggu selama 3 kali penyemprotan.
3.      Apabila setelah tiga kali penyemprotan insektisida kontak, populasi turun <3 ekor/rumpun, tanaman disemprot insektisida sistemik sampai di pertanaman padi tidak ditemukan wereng coklat. Penyemprotan insektisida diarahkan pada pangkal batang, dilakukan jam 7-10 pagi atau jam 3-5 sote, hindari penyemprotan saat hujan. Pengamatan terus dilakukan 3-7 hari sekali.
4.      Bila banyak hujan, penyemprotan insektisida ditambah perekat. Lakukan pengendalian yang sama pada tanaman padi pada radius 100-200 m.
 (Sumber : BPTP Jatim)
Share this article :

Post a Comment