Home » » Kandungan Nutrisi dan Cara Sehat Mengolah Brokoli

Kandungan Nutrisi dan Cara Sehat Mengolah Brokoli

Written By Muhammad Yusuf on Saturday, June 18, 2011 | 5:06 AM

JANGAN pernah merendam brokoli di dalam air karena akan mengurangi kadar nutrisinya. Brokoli segar sangat lezat bila dihidangkan secara dimasak terlebih dahulu maupun mentah. Memasak brokoli terlalu matang dapat menjadikan sulfur yang sangat kuat. Kukus brokoli selama 3-4 menit atau rebus kira-kira 1 inci di atas air mendidih dalam waktu yang kurang lebih sama dengan di atas. 
Kembang kol dan kubis merupakan keluarga dekatnya, tetapi brokoli mengandung lebih banyak nutrisi dibandingkan dengan sayuran lainnya. Brokoli mengandung banyak vitamin C dan beta karotin yang merupakan antioksidan yang sangat penting. Di Amerika Serikat brokoli telah menjadi sayuran favorit yang menyehatkan dibanding kembang kol, kubis, dan sayuran hijau lainnya.
Para peneliti menilai bahwa brokoli dan sayuran hijau lain harus masuk ke daftar diet tiap minggunya. Mengonsumsi makanan yang mengandung antioksidan tinggi dapat mengurangi risiko kanker atau serangan jantung. Setengah cangkir brokoli yang telah dimasak terdiri dari nutrisi yang sama banyaknya dengan nutrisi dari fitokimia isothiocyanates.
Sebelum dikonsumsi, cuci brokoli di dalam air keran dingin. Jangan pernah merendam brokoli di dalam air karena akan mengurangi kadar nutrisinya. Brokoli segar sangat lezat bila dihidangkan secara dimasak terlebih dahulu maupun mentah. Memasak brokoli terlalu matang dapat menjadikan sulfur yang sangat kuat. Kukus brokoli selama 3-4 menit atau rebus kira-kira 1 inci di atas air mendidih dalam waktu yang kurang lebih sama dengan di atas.
Usahakan memasak brokoli agar warnanya tetap hijau terang. Memasak brokoli terlalu matang akan membuat brokoli menjadi berwarna hijau kehitam-hitaman dan menghilangkan kadar nutrisinya, terutama vitamin C. 
Brokoli beku
Brokoli beku (frozen) adalah cara terbaik untuk membuat brokoli lebih awet dan segar. Brokoli dan semua jenis brokoli yang lain harus dibersihkan dengan air mendidih sebelum dibekukan. Sayuran yang tidak dicuci terlebih dahulu mengandung bahan aktif enzim yang dapat menyebabkan brokoli menjadi keras dan juga nutrisi akan hilang selama dibekukan. Membersihkan brokoli terlebih dahulu dapat memperlambat pertumbuhan aktivitas enzim.
Pembekuan tidak memengaruhi kualitas dari setiap sayuran. Pembekuan sebenarnya dapat menambah karakter yang tidak diinginkan. Pilihlah brokoli yang telah tumbuh dengan kondisi yang bagus dan dipersiapkan untuk dibekukan secepatnya. Brokoli yang telah dipilih kualitasnya untuk dimakan akan mendapatkan hasil yang maksimal untuk dibekukan. Berikut ini cara mengawetkan brokoli dengan dibekukan.
1. Siapkan wadah kecil maupun besar dengan tutupnya dan ukuran yang memadai, masukkan 5 liter air untuk direbus.
2. Sementara itu cuci brokoli, potong batang hingga ke ujung kembangnya tidak lebih dari 1 inci panjangnya.
3. Masukkan brokoli ke dalam air mendidih dan langsung tutup dengan rapat. Mencuci brokoli sebaiknya tidak lebih dari 0,5 kg.
4. Rebus selama 4 menit.
5. Siapkan pencucian dengan air es di dalam wadah berukuran 5 liter atau air yang mengalir dalam wastafel.
6. Pindahkan brokoli dengan garpu atau keranjang saringan dan tiriskan.
7. Masukkan brokoli dalam kantung plastik agak sedikit tebal, usahakan tidak terlalu banyak udara yang masuk.
8. Jangan lupa cantumkan tanggal pada setiap kantung dan simpan pada suhu –17 celcius atau lebih rendah.
9. Brokoli Anda dapat tahan selama satu tahun.
Selamat mencoba!!!*** 
Irna Safira Inayah, S.Si.
Staf Laboratorium Sekolah Tinggi Farmasi (STFI), Bandung.
Share this article :

Post a Comment