Home » » Beberapa Rekor dalam Dunia Flora

Beberapa Rekor dalam Dunia Flora

Written By Muhammad Yusuf on Wednesday, January 18, 2012 | 4:17 AM

LEMON TERBERAT
Lemon terberat yang tercatat dalam Guinness Book of World Record adalah lemon yang ditemukan pada tanggal 8 Januari 2003 di kebun milik Aharon Shemoel di Kefar Zeitim (Israel). Lemon tersebut memiliki berat 5.265 kg. 

APEL TERBERAT
Apel serberat 1,849 kg yang ditemukan di kebun milik Chisato Iwasaki di Hirosaki, Jepang, dinobatkan menjadi apel terberat di dunia pada tanggal 24 Oktober 2005. Rekor ini tercatat dalam Guinness Book of World Records.

POHON MAWAR TERTINGGI
Guinness Book of World Records mencatat pohon mawar tertinggi di dunia pada tanggal 5 Desember 2005. Pohon mawar tersebut berdiri sendiri setinggi 4,03 m tanpa bantuan penegak apapun. Pemilik pohon adalah Paul dan Sharon Palumbo penduduk San Diego, California, AS.

KEDELAI TERTINGGI DENGAN JUMLAH BUAH TERBANYAK
Pemegang Rekor : PT. Alam Lestari Maju Indonesia
Tanaman kedelai (di dunia sangat besar baik) memiliki ciri : berdaun 3 (trifdiolatus), batang beruas tempat polong buah, bentuknya perdu, batang dan buah diselimuti bulu halus, memiliki bintil akar yang kaya nitrogen (N2), buah berbentuk polong, biji berwarna kuning, coklat atau hijau yang kaya akan protein dan gula.
Pada umumnya tanaman ini di Indonesia memiliki tinggi rata-rata 50-75 cm dan maksimal tidak lebih dari 100 cm dengan polong pertamanan berkisar antara 20-70 buah dengan berat 11-18 gr per 100 biji.
Penemuan revolusioner spektakuler ini oleh penemunya bernama Ali Zum Mushar yang disebut teknologi “BIO PERFORASI” yang dikenal dengan teknologi Hayati Bio P2000Z. Dengan ditemukannya pupuk ini mampu menghasilkan pohon kedelai setinggi 3,8 meter dengan jumlah buah terbanyak 2300 polong.
Penyerahan piagam berlangsung di Puspitek Serpong – Tangerang pada tanggal 11 Agustus 2004.
(Sumber: MURI)

MENGHIAS SATU TEMPAT DARI SATU JENIS BUNGA DENGAN JUMLAH TERBANYAK
Pemegang Rekor : ABN – Amro Bank Indonesia
Dalam rangka menyambut produk konsep Wealth Management terbaru Van Gogh Preferred Banking (VGPH) dan sejalan dengan inisiatif memperhatikan kota Jakarta, ABN AMRO mengadakan kegiatan yaitu menghiasi bundaran Tugu Selamat Datang (Bundaran HI) dengan bunga Matahari dengan jumlah 6.560 pohon / 19.680 bunga. Rata-rata satu pohon memiliki 3 bunga. Pelaksanaan pengumpulan bunga tanggal 29 Mei 2005 pukul 22.00 WIB hingga pukul 05.00 WIB pada tanggal 30 Mei 2005 di Bromo Room-Grand Hyatt.
(Sumber: MURI)

PAHATAN PADA POHON HIDUP DENGAN JUDUL LEGENDA KOTA SEMARANG
Pemegang Rekor:
- Vina House sebagai pemraka
- Sanggar Seni Gedong Songo – Ungaran (MA, Sutikno, Budiarto, Hariyadi, Joko Widodo, Kasdi, Muh Yahya, Rudi Botak, Purhadi) sebagai pemahat
- Piranti Pro sebagai penyelenggara
Guna melestarikan aset kota Semarang, salah satu diantaranya adalah tanaman pohon tua Randu Alas yang berumur dua abad lebih. Agar tanaman tersebut tetap menjadi aset kota Semarang dan memiliki nilai tambah, maka pohon tersebut dilakukan pemahatan langsung yang menceritakan tentang Semarang. Pemahatan dilakukan selama satu minggu. Acara berlangsung pada tanggal 2 Mei 2004 di Vina House – Semarang oleh Bp. Paulus Pangka, SH.
(Sumber: MURI)

PANJAT PINANG DENGAN JUMLAH TERBANYAK
Pemegang Rekor : Taman Impian Jaya Ancol
Guna memeriahkan HUT RI ke-59, Taman Impian Jaya Ancol menghibur para masyarakat atau pengunjung dengan menyediakan 205 pohon pinang dengan hadiah – hadiah yang menarik. Selain masyarakat biasa yang mengikuti kegiatan tersebut ada pula para artis – artis wanita pria dan para wartawan. Penyerahan piagam berlangsung pada tanggal 17 Agustus 2004 di Jakarta oleh Bp.Jaya Suprana.
(Sumber: MURI)

POHON ANGPAU TERTINGGI
Pemegang Rekor : Mega Glodok Kemayoran Jakarta, sebagai pemrakarsa dan penyelenggara
Dalam rangka memperingati Tahun Baru Cina (Imlek 2555). Pohon Angpau tertinggi ini sengaja dibuat oleh Mega Glodok Kemayoran. Jenis pohon yang dipakai adalah “Cemara Nurvok” dengan tinggi 24,60 meter dan lebar ranting 4 meter (kanan kiri). Batang pohn berdiameter 50 – 60 cm. Jumlah ranting 72 (ada 24 ruas 1 ruas ada 3 ranting). Dengan jumlah angpau 2.555 ini terdiri dari :2.469 buah ukuran 10 x 20 cm68 buah ukuran 60 x 90 cm18 buah ukuran 1,0 x 1,5 m.
Keunikan lainnya pohon ini digantung boneka monyet kayu sebagai simbolik untuk Imlek tahun 2004. Pekerjaan pohon ini melibatkan + 100 orang. Perjalanan angkutan pohon memerlukan waktu selama + 4 jam dengan route Ciawi s/d Kemayoran. Kendaraan yang digunakan: 1 unit mobil crane dengan kapasitas 20 ton1 unit statis crane (tower crane) dengan kapasitas angkut 2,5 ton.
Penyerahan piagam penghargaan berlangsung di Mega Glodok Kemayoran Jakarta pada tanggal 18 Januari 2004.
(Sumber: MURI)

POHON JATI TERMAHAL
Tanggal 23 Agustus 2007, Perum Perhutani Kabupaten Blora menjual satu pohon jati seharga Rp 1 miliar. Pohon jati tersebut berdiameter sekitar 3 meter, dengan lingkar keliling 7 meter. Tingginya mencapai 25 meter, berumur sekita 150 tahun.
Rekor tidak hanya diberikan kepada Perhutani sebagai pemilik pohon jati, melainkan juga kepada perusahaan yang membeli kayu. Rekor itu diberikan dengan kriteria, pohonnya tua, meskipun bukan yang tertua, harganya paling mahal dan pemiliknya (Perhutani) berperan dalam pelestarian hutan.

(Sumber: MURI)

POHON CENGKEH TERTUA
Berada di Ambon, diperkirakan ditanam tahun 1513.
(Sumber: MURI)

POHON CENDANA TERTUA
Pohon cendana ini terdapat di SoE – TTS – NTT menurut hasil penelitian Dinas kehutanan setempat. Cendana ini telah berusia 200 thn ( 1997 ) dan masih tumbuh segar. Pohon Cendana tertua ini tumbuh dan berada dilahan milik Almarhum Tefa Tafui di Fua Haumeni – Desa Leloboko Utara. Usulan disampaikan oleh Bupati SoE – TTS ( 1997 ) Drs. Piet Sabuna.
(Sumber: MURI)


POHON KELAPA DENGAN CABANG TERBANYAK (41 CABANG)
Pemegang rekor: Patrajasa Bali Resort
Pohon kelapa adalah jenis tumbuhan berakar tunggal sehingga pada umumnya tidak bercabang.(sumber: MURI)

POHON TERTINGGI DI DUNIA
Rekor pohon tertinggi di dunia sampai saat ini masih dipegang oleh sebatang pohon kayu merah (Sequoia sempervirens) yang tumbuh di California, Amerika Serikat. Tinggi pohon tersebut mencapai 112 meter, dengan diameter 3,14 meter.
Diakui secara tertulis dalam berbagai media sebagai pohon tertinggi mulai tahun 1996. Orang-orang lokal di sana menyebutnya dengan nama 'mendocino tree'. Umur pohon ini diperkirakan sudah lebih dari seribu tahun.

TANAMAN PISANG TERPENDEK BERBUAH
Pohon pisang ini lain dari pohon pisang pada umumnya, pertumbuhannya yang kerdil membuatnya eksklusif yaitu dengan ketinggian 17 cm sudah berbuah dan buahnya normal hingga matang pada usia 2 bulan. Pisang ini dirawat dan dipelihara oleh Suparwoto yang berdomisili di Yogyakarta. (Sumber: MURI)

POHON PISANG BERCABANG LEBIH DARI DUA
Drs. David Mulyono ( Ambarawa ) telah berhasil mengembangbiakkan tanaman pisang yang dapat bercabang lebih dari dua pisang tersebut awal mulanya dari propinsi Irian Jaya.
(Sumber: MURI)
Share this article :

Post a Comment