Home » » TIPS dalam Pengelolaan Caladium

TIPS dalam Pengelolaan Caladium

Written By Muhammad Yusuf on Sunday, December 18, 2011 | 8:59 PM

Pewarnaan Daun
  • Jika ditanam di tempat gelap, warna hijau akan lebih mendominasi
  • Jika ditanam pada media dengan keasaman tinggi, warna gelap akan lebih mendominasi.
  • Beberapa jenis akan berubah warna saat tanaman semakin dewasa, biasanya dimulai dari dominasi warna hijau, lalu berubah sesuai jenisnya.


Ukuran umbi vs besar daun
Yang menentukan ukuran daun adalah ukuran mata, bukan ukuran umbi. Namun begitu, umbi yang semakin besar akan lebih berpotensi memiliki ukuran mata yang besar daripada umbi yang kecil. Untuk memperoleh ukuran daun yang kecil dari suatu umbi yang besar yang memiliki mata yang besar pula adalah dengan proses de-eyeing, proses ini bertujuan menghilangkan mata yang besar/dominan sehingga mata-mata samping yang ukurannya kecil akan tumbuh.

Caladium sebagai bunga potong
Daun caladium bagus juga untuk bunga potong segar (atau lebih tepatnya daun potong?). Potong daun pada batangnya dekat dengan tanah, lalu segera rendam batangnya dalam air. Daun tersebut akan layu dalam 24 jam pertama, tapi akan segar kembali setelah masa itu terlewati. Dia dapat tahan selama 2 sampai 3 minggu menghiasi ruangan dengan cantiknya.

Awas gatal!
Gatal-gatal yang teramat sangat (Jawa: pating clekit ) dapat kita derita saat kita mengolah Caladium terutama saat mencacah umbi. Saat tangan dibasuh, rasa gatalnya malah makin terasa. Kristal asam oksalat yang terdapat dalam getah Caladium adalah biang keladi-nya. Jadi gunakanlah sarung tangan dari plastik, karet atau dari lateks (handskun) saat berkutat dengan umbi Caladium, jika tidak siap-siap saja dengan rasa gatal yang bakal terasa kemudian.

Sungkup untuk menjamin kelembaban tinggi
Ide untuk membuat sungkup dari plastik berasal dari Thailand . Dengan cara ini dijamin kelembaban bisa sangat tinggi yaitu 100%. Dengan penyungkupan ini diperoleh pertumbuhan yang cepat dan warna-warna daun bisa keluar. Cara menyungkup sangat mudah, cukup siapkan tempat untuk menampung air di bagian bawah (bisa dari plastik mulsa), dan siapkan tutup dari plastik transparan. Jangan gunakan plastik gelap untuk sungkup karena akan menghalangi cahaya masuk sehingga batang Caladium akan terlalu memanjang. Besar sungkup tergantung selera, bisa kecil, bisa 1x1m, bisa 1x2m. Tingginya disesuaikan dengan kebutuhan. Jangan takut Caladium kekurangan oksigen, karena kebutuhannya sedikit, tidak seperti kebanyakan tanaman lain. Sungkup tersebut cukup kita buka sesekali agar terjadi pertukaran udara.

Sumber : keladi.net
Share this article :

Post a Comment