Home » » PENGENDALIAN PENGGEREK BATANG PADI

PENGENDALIAN PENGGEREK BATANG PADI

Written By Muhammad Yusuf on Friday, September 23, 2011 | 4:50 AM


Nama umum : Penggerek Batang Padi, stem borer
Hama paling penting pada tanaman padi adalah hama penggerek Batang, hama ini sering menimbulkan kerusakan berat dan kehilangan hasil panen yang tinggi.    Hama ini sering merusak tanaman pada semua fase pertumbuhan tanaman sejak pembibitan, anakan maupun fase, berbunga (generatif). Bila serangan terjadi pada fase anakan maka hama ini disebut sundep dan jika terjadi pada saat berbunga disebut beluk.
Sampai saat ini belum ada varietas yang tahan penggerek batang. Tanda-tanda serangan hama sundep ini di mulai dengan adaya invansi penerbangan ngengat (kupu-kupu) kecil berwarna putih pada sore hari dan malam hari. Ngengat ini terbang menuju daerah persemaian maupun pertanaman.
Perbedaan Hama Sundep dan Hama Beluk
Hama Sundep
Menyerang daun padi muda (sebelum pembungaan), kemudian daun mulai menguning dan mengering dan mulai mati. Walaupun batang padi bagian bawah masih hidup atau membentuk anak tanaman baru tapi pertumbuhan daun baru tidak terjadi.
Hama Beluk
Menyerang titik tumbuh tanaman padi yang sedang bunting sehingga buliran padi keluar,berguguran,gabah-gabah kosong dan berwarna keabu-abuan. Gejala serangan hama perlu di waspadai terutama pada pertanaman musim hujan.
Cara Pengendalian
Pengendalian dapat di lakukan dengan pengaturan pola tanam dan pergiliran tanaman selain itu juga dapat di lakukan  pengendalian secara mekanis maupun hayati.
Jika hasil pengamatan menunjukkan populasi hama diatas ambang pengendalian  yaitu >10% rumpun memperlihatkan gejala sundep dan beluk  maka  gunakan insektisida berbahan aktif tiametoksam dan klorantraniiliprol.
Gbr1. Telur (kelompok telur ) Penggerek Batang Padi
Gbr 2. Kelompok Telur Penggerek Batang Padi mulai menetas
Gbr3. Larva Hama Penggerek Batang Padi Putih
Gbr4. Ngengat (imago) Penggerek Batang Padi
Share this article :

Post a Comment