Home » » Keladi, Semakin Tua Semakin Indah

Keladi, Semakin Tua Semakin Indah

Written By Muhammad Yusuf on Saturday, July 9, 2011 | 12:20 AM


Caladium yang biasa disebut tanaman keladi hias mempunyai pesona daun yang penuh variasi. Kombinasi warna dari yang merah,hijau, pink inilah yang membuat para hobiis  terutama kaum ibu  banyak yang mengidolakannya.
Lembaran daun Caladium mempunyai corak dengan warna yang kontras dan menyolok. Namun banyak yang mengenal bahwa tanaman Caladium ini sulit menghasilkan daun dalam jumlah banyak dan tampil dengan daun yang serempak.
Sebagai tanaman indoor, daun keladi memiliki bentuk sangat eksotik dengan corak daun yang beraneka ragam. Gradasi warnanya pun sangat memikat. Jadi kelebihan tanaman ini terletak pada daunnya.
Ada varian June Bride, bentuk daunnya yang melebar dan corak daunnya seolah terkena cipratan cat warna putih yang merata di seluruh permukaan daun. Tulang-tulang daun terlihat sangat tegas mengembang hingga ke pinggir daun. Red Prill, memiliki karakter warna merah menyala dengan bentuk daun agak memanjang dan bergelombang.

Sebagai tanaman yang biasa tumbuh di hutan tropis, media tanam keladi haruslah gembur dan berhumus. Dengan kelembaban yang cukup. Beberapa tanaman keladi ada yang membutuhkan sinar matahari secara langsung, tetapi kebanyakan menyukai tempat yang teduh dengan kebutuhan cahaya yang cukup.
Tanaman ini cukup bagus diletakkan di teras rumah yang tidak terlalu banyak terkena sinar matahari secara langsung. Caladium yang genusnya Alokasia lebih suka berada di tempat teduh yang terlindung dari sinar matahari langsung. Tetapi sebagian Caladium, kebutuhan sinar matahari yang banyak digunakan untuk pertumbuhan daun-daunnya, seperti Caladium varian Florida Sweet yang sangat menyukai ruangan terbuka. Jadi indah berada di dalam ruangan, juga indah ditaruh di halaman rumah, itulah kelebihan dari Caladium.
sumber: Flona tabloid
Share this article :

Post a Comment