Home » » Agar Bunga Mawar Tetap Ceria

Agar Bunga Mawar Tetap Ceria

Written By Muhammad Yusuf on Tuesday, July 12, 2011 | 10:49 AM


Punya mawar yang tak kunjung menampakkan bunganya yang cantik? Eit…jangan buru-buru dibongkar ya, sebab ada tips agar bunga mawar kesayangan kita tampil dan ceria kembali. Cobalah tips dan kiat berikut.
Mula-mula periksa media tanamnya. Bila masih bagus dan masih bisa dipakai, dengan menambah sedikit media baru. Kalau sudah terlalu padat, ganti dengan media baru berupa campuran tanah, pupuk kandang dan sekam lapuk atau kompos. Perbandingannya 2:1:1, ditambah NPK 15:15:15  sebanyak 2,5 gram per pot/tanaman.
Tanam mawar secara hati-hati, agar akar tidak luka atau rusak. Bagian tanaman yang rusak dipangkas atau sisakan 20 cm-25 cm dari tanah. Siram dengan air bersih, lalu letakkan di tempat agak teduh sampai tanaman sehat kembali.
Setiap minggu tanaman disemprot dengan pupuk daun 2cc/lt air hingga tanaman siap berbunga atau sekitar dua bulan. Selanjutnya pupuk daun diselingi dengan pupuk bunga. Setiap bulan tanaman juga dipupuk dengan NPK 15:15:15 sebanyak 3 g hingga 5 g yang dibenamkan di sekeliling tanaman.
Bila tanaman telah berbunga, lalu layu, segeralah pangkas tangkainya. Selain itu lakukan pemangkasan secara rutin terutama pada bagian tanaman yang kurang sehat. Dengan pemangkasan akan segera terbentuk tunas baru yang akan menghasilkan bunga.
Share this article :

Post a Comment