Home » » Mikroba Ramah Lingkungan

Mikroba Ramah Lingkungan

Written By Muhammad Yusuf on Monday, June 20, 2011 | 12:31 AM

Balai Penelitian Ternak (Balitnak), Badan Litbang Pertanian, baru-baru ini memperkenalkan Bioflona. Produk berupa mikroba tanaman itu selain mampu meningkatkan daya tahan dan produksi tanaman, juga ramah lingkungan dan berguna untuk perbaikan kelestarian lingkungan.
Keuntungan dalam menggunakan mikroba ini adalah meningkatkan produksi petani hingga 30-50 persen. Petani juga dapat menghemat penggunaan pupuk hingga 50 persen. Hal itu tentu saja cukup menguntungkan mengingat harga pupuk yang terus meningkat. 

Penggunaan mikroba ini dapat pula membantu meningkatkan daya tahan tanaman terhadap stres yang diakibatkan baik oleh penyakit maupun cuaca. Mikroba ini dikatakan ramah lingkungan karena tidak hanya berguna bagi tanaman, tetapi juga dapat memperbaiki struktur tanah.

Penggunaan mikroba ini dapat dimulai dari persemaian sampai tanaman berproduksi. Caranya sederhana, hanya dengan melarutkan 1 liter mikroba (bio grow) menjadi 20-40 liter dengan air. Setelah itu larutan disemprotkan pada pangkal dan seluruh bagian tanaman setiap minggu.


Sumber: SP
Share this article :

Post a Comment