Home » » Durian Kuning Kulonprogo

Durian Kuning Kulonprogo

Written By Muhammad Yusuf on Thursday, June 23, 2011 | 5:14 PM


Durian Menoreh asal Kulonprogo, DIY, beraroma harum yang seketika menguar begitu buah dibelah. Warna daging buah kuning cerah—layaknya mentega—yang memikat itu ternyata tak berbohong. Pasalnya, rasa kesat, manis, dan legit melekat di lidah kala dicicipi. Ia kian lezat karena halus tak berserat. Karena warna kuning itulah, kerabat lai warisan Mbah Mangun itu disebut menoreh kuning.

Menurut Sukidal, pewaris pohon, sebetulnya nama menoreh kuning disematkan pada durian yang tumbuh di kaki Gunung Menoreh yang berdaging kuning. Namun, sejak lama mania durian di Magelang dan Kulonprogo merasa tak puas sebelum mencicipi durian dari pohon Sukidal yang berada di pinggir jalan jalur Ngeplang—Muntilan. “Yang suka durian pasti menyempatkan datang sendiri ke sini. Jadi saya tak perlu susah-susah menjual,” katanya. Menurut Agus Langgeng Basuki, kepala Sub Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Dinas Pertanian dan Kelautan Kabupaten Kulonprogo, menoreh kuning disiapkan sebagai calon varietas unggul karena mempunyai ciri khas: daging buah berselaput membentuk lapisan. Dari satu juring buah muncul pongge yang berlapis. Pada sebagian buah, terbentuk 3 lapisan pongge.
Pohon induk tunggal menoreh kuning tumbuh menjulang setinggi 25 m. Butuh 2 orang dewasa untuk memeluk batangnya yang berdiameter 112,5 cm. Walau telah berumur 155 tahun pohon itu tetap sehat. “Saya rutin merawatnya karena pohon warisan,” kata Sukidal. Pupuk kandang sebanyak 2 karung dicampur sekantong garam dibenamkan di sekeliling batang setiap masa panen usai.
Share this article :

Post a Comment